Pengertian dan Tugas Cleaning Service

Dalam menjalankan operasionalnya, setiap perusahaan, pabrik, rumah sakit, atau tempat umum lainnya perlu memastikan kebersihan dan kenyamanan lingkungan kerja tetap terjaga. Untuk itu, penggunaan layanan cleaning service adalah aspek yang penting.

Namun, ternyata tidak semua orang paham tentang pengertian dan tugas dari staf jasa kebersihan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan ini, kenali rincian lengkapnya terlebih dahulu melalui ulasan berikut.

Pengertian Cleaning Service dan Tugasnya

Sesuai arti namanya, yaitu cleaning (kebersihan) dan service (layanan), hal ini mengacu pada penyedia layanan kebersihan secara umum. Baik itu di lingkungan perusahaan, pabrik, rumah sakit, tempat tinggal, atau tempat lain yang membutuhkan. Adapun rincian tugas-tugasnya adalah sebagai berikut:

  • Pembersihan Rutin

Salah satu tugas utama dari staf layanan kebersihan adalah melakukan pembersihan secara rutin. Baik itu dengan cara menyapu, mengepel, hingga mengelap dan membersihkan meja, kursi, dan furnitur.

  • Pembersihan Ruangan dan Area Khusus

Cakupan area yang dibersihkan juga beragam, mulai dari ruang kerja, ruang tunggu, area resepsionis, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga dapat membersihkan area toilet atau kamar mandi, tergantung pembagian tugas masing-masing.

  • Pengaturan dan Kerapihan

Selain menjaga kebersihan, menjaga kerapian ruangan atau lingkungan kerja juga adalah salah satu tugas utama dari staf kebersihan. Hal ini dilakukan melalui pengaturan tata letak furnitur dan isi ruangan secara keseluruhan.

  • Penanganan Limbah

Selanjutnya, petugas cleaning service harus bertanggung jawab dalam penanganan limbah. Misalnya dengan memisahkan jenis limbah sesuai aturan, melakukan pengolahan jika dibutuhkan, hingga membuang limbah di tempat yang disediakan.

  • Perawatan Eksterior

Selain menjaga kebersihan dan kerapian ruangan atau area interior bangunan, salah satu tugas lainnya adalah membersihkan area luar (eksterior). Baik itu dengan menyapu halaman, menyiram tanaman, dan lain sebagainya.

  • Layanan Khusus (Specialized Cleaning)

Terakhir, beberapa petugas kebersihan juga memiliki keterampilan khusus untuk jenis layanan lain. Salah satu contohnya seperti disinfectant fogging, yaitu layanan sterilisasi bangunan menggunakan desinfektan.

Meski terlihat sederhana, namun tugas seorang petugas kebersihan profesional sebenarnya cukup banyak dan kompleks. Sebagai solusi, Shelter Indonesia adalah perusahaan outsourcing yang menyediakan layanan dan petugas cleaning service terbaik untuk area kerja Anda. Kunjungi https://shelterindonesia.id/ untuk informasi selengkapnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shelter Customer Service

Pilih kebutuhan anda

Shelter Customer Service

Form Pelatihan

Form Pengaduan

Shelter Customer Service

Form Head Office

Shelter Customer Service

Form Jakarta

Shelter Customer Service

Form Jawa Barat

Shelter Customer Service

Form Jawa Tengah

Shelter Customer Service

Form Jawa Timur

Shelter Customer Service

Form Sulawesi