Customer Service (CS) menjadi pekerjaan yang butuh keahlian khusus. Sebab, Anda harus pandai menjaga komunikasi dengan pelanggan demi menjaga kesan baik perusahaan. Mengingat berbagai sifat pelanggan yang tidak bisa ditebak, pekerjaan ini cukup menantang dan tidak bisa diremehkan.
Lalu, bagaimana sih cara jadi customer service yang baik serta profesional? Ayo kupas satu per satu tipsnya berikut ini!
7 Tips Menjadi Customer Service yang Baik
Ada berbagai tips yang bisa Anda terapkan agar memberikan kualitas terbaik sebagai seorang customer service, yaitu:
Cepat Tanggap Merespon Telepon Masuk
Anda perlu cepat dalam menanggapi seluruh telepon yang masuk. Ini jadi salah satu faktor utama yang menentukan kualitas Anda sebagai customer service. Sebab, pelanggan menghubungi CS untuk dapat solusi paling cepat bagi masalah atau keluhan yang dialami.Â
Menghormati PelangganÂ
Selanjutnya, Anda perlu memperlakukan pelanggan dengan rasa hormat. Ini mengingat customer service adalah perwakilan perusahaan. Jadi, cerminkan bahwa perusahaan menghargai pelanggannya melalui perlakuan yang hormat.Â
Misalnya, tidak memotong pembicaraan, tidak teralihkan hal lain, serta memberi jawaban yang sederhana ketika berkomunikasi dengan pelanggan.
Bersikap Positif
Kunci dari layanan terbaik untuk pelanggan datang dari sikap positif. Anda dapat memberi kesan dengan sikap positif melalui keramahan dalam berdialog. Lalu, gunakan nada bicara seakan-akan pelanggan adalah sahabat Anda.Â
Jangan lupa jaga ekspresi wajah Anda ketika bertemu langsung dengan pelanggan.
Memahami dan Menguasai ProdukÂ
Menguasai produk dengan memahami detail tentang produk tersebut akan sangat membantu Anda sebagai customer service. Keahlian ini esensial dan jadi pondasi dalam memberikan pelayanan terbaik.
Pelanggan pun akan lebih berpeluang mendapatkan solusi atas keluhan atau masalahnya. Jadi, tingkat kepuasan yang akan diberikan untuk perusahaan lebih tinggi.
Aktif MendengarkanÂ
Anda juga wajib menjadi pendengar aktif agar memahami inti dari keluhan atau pertanyaan yang disampaikan oleh pelanggan. Pastikan Anda mempersilakan pelanggan menyelesaikan keluhannya terlebih dahulu sambil mencerna apa yang disampaikan.
Bila aktif mendengarkan, Anda bisa langsung mengidentifikasi inti permasalahannya. Jangan lupa catat tiap poin yang menurut Anda penting. Ini bisa memudahkan proses evaluasi nantinya.
Tawarkan Solusi yang Efisien
Setelah mendengar dengan seksama keluhan atau pertanyaan pelanggan, maka saatnya menawarkan solusi yang efisien. Anda bisa menyesuaikan solusi dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan.
Apabila mungkin, tambahkan rekomendasi yang lebih menguntungkan bagi pelanggan dan masih relevan dengan kasusnya.Â
Minta Tanggapan serta Umpan Balik
Untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan, Anda bisa meminta tanggapan maupun umpan balik atau feedback. Melalui tanggapan serta feedback tersebut, Anda akan mendapatkan wawasan berharga untuk perkembangan perusahaan.
Demikian tujuh tips yang bisa Anda terapkan agar dapat memberikan kualitas terbaik sebagai seorang customer service. Bila membutuhkan tambahan tenaga kerja untuk jadi customer service dengan skills memadai, percayakan pada Shelter Indonesia!Â
Kami memiliki tim terbaik yang akan menjawab berbagai kebutuhan Anda di dunia profesional. Hubungi kami untuk diskusi lebih detail!
Â
Referensi:Â
https://www.linkedin.com/pulse/tips-memberikan-layanan-customer-service-terbaik-solutif/Â
https://glints.com/id/lowongan/tips-customer-service/Â
https://blog.skillacademy.com/cara-menjadi-customer-service-yang-baik-dan-profesionalÂ
Â